Monev KKN UST : “Gelar Potensi dan Partisipasi Masyarakat” Kec. Karangmojo, Gunungkidul

Selasa, 22 Agustus 2017 – Acara Monitoring dan Evaluasi dengan tema: Gelar Potensi dan Partisipasi Masyarakat yang diselenggarakan oleh LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, khususnya bagi mahasiswa KKN yang berlokasi di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Acara berlangsung di Kelurahan Karangmojo dengan dihadiri oleh Rektor UST dan para Pembantu Rektor, para Dekan dan Kepala Lembaga di lingkungan UST, serta para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pejabat pemerintah setempat yang hadir terdiri dari: Camat Karangmojo, Kepala Desa Karangmojo, Kepala Desa Ngawis, para Kepala Dukuh (yang wilayahnya untuk lokasi KKN), seluruh mahasiswa peserta KKN di wilayah Kecamatan Karangmojo, dan 2 orang mahasiswa per Padepokan yang merupakan perwakilan dari 72 Padepokan KKN (baik yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul, kabupaten Bantul, maupun Kabupaten Kulonprogo).

Kegiatan “Gelar Prestasi dan Partisipasi Masyarakat” diisi dengan kegiatan Bazar produk (oleh masyarakat kader Posdaya di wilayah Kecamatan Karangmojo), Lomba Gunungan (terbuat dari aneka hasil bumi), Lomba Poster (diikuti oleh seluruh Padepokan KKN sebanyak 72 Padepokan), Penampilan Kesenian Tradisional Gejog Lesung (oleh warga setempat), Kesenian Tari dan penampilan musik Angklung (oleh mahasiswa KKN). Dalam kesempatan tersebut juga oleh Rektor UST dilakukan launching salah satu produk unggulan karya mahasiswa KKN, yaitu Kripik Pisang “Dewantara Crisp”.

Pada penyelenggaraan KKN periode ini, mahasiswa juga diwajibkan membuat program unggulan Profil Desa, dan dalam acara tersebut sekaligus dilakukan serah terima secara simbolik rekaman/CD Profil Desa kepada Bapak Lurah Karangmojo.

Rangkaian acara ditutup dengan mengunjungi seluruh stand produk dan meninjau stand lomba Poster dan Lomba Gunungan. Adapun pengumuman penentuan pemenang sekaligus pembagian hadiah lomba telah dilakukan menjadi satu rangkain dalam acara seremonial sebelumnya.