Workshop Penulisan Ilmiah: Membina Calon Penulis Muda

Jumat‒Sabtu, 21‒22 Oktober 2016, Lembaga Pengembangan Kebudayaan Nasional Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penulisan ilmiah. Kegiatan tersebut diikuti oleh 18 siswa SMA/SMK Tamansiswa se-DIY dan 4 guru pendamping, masing-masing dari SMA Tamanmadya Ibu Pawiyatan, SMK Tamankarya Ibu Pawiyatan, SMK Tamankarya Jetis, dan SMK Tamankarya Imogiri. Narasumber dalam workshop tersebut Drs. Muhammad Nurachmat Wirjosutedjo, M.Hum., pengajar bahasa Indonesia SMA N 8 Yogyakarta.
Sebelum membuka workshop, Wakil Rektor I, Dr. Imam Ghozali, M.Sc. menyampaikan perlunya keterampilan menulis ilmiah. Sebagai orang yang berkecimpung dengan dalam dunia akademik, keterampilan menulis menjadi peluang untuk memublikasi gagasan-gagasan inovatif. Sedangkan ketua LPKN Drs. Sudartomo Macaryus, M.Hum. menyampaikan bahwa penyelenggarakaan workshop ini terinspirasi oleh penyelenggaraan seminar untuk siswa SMA/SMK yang sudah 4 kali diselenggarakan. Khususnya pemakalah dari lingkungan Tamansiswa dipandang berpotensi untuk ditingkatkan melalui workshop.
Tindak Lanjut
Kegiatan ini sekaligus untuk mempersiapkan pemakalah yang akan tampil pada tanggal 17 November 2016. Seminar tersebut dilenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan hari Pahlawan. Oleh karena itu, tema yang diangkat dalam seminar nanti berkaitan dengan peran pemuda dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.
Bertindak sebagai fasilitator dalam workshop tersebut, Drs. Muhammad Nurachmat Wirjosutedjo, M.Hum. dan Drs. Sudartomo Macaryus, M.Hum. Para peserta yang mendapat kesempatan mengikuti workshop tersebut merasa sangat beruntung karena mendapat peluang ganda, yaitu mendapatkan tambahan keterampilan menulis ilmiah dan mempresentasikan pada forum temu ilmiah yang dikuti oleh para siswa lintaslembaga (SDM).