UST (Klaster Utama) Peringkat 63 Universitas Terbaik Nasional, 10 Besar DIY

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta (Klaster Utama) menempati peringkat 63, universitas terbaik nasional versi pemeringkatan 4 International Colleges & Universities (4ICU) tahun 2020. Sedangkan di lingkup DIY, UST masuk 10 besar.

“Kita bersyukur dengan pemeringkatan itu, UST masuk 100 besar universitas terbaik se-Indonesia. Tapi kami (pimpinan UST) belum puas dan akan terus meningkatkan kualitas di semua bidang. Banyak progres yang sudah baik kita capai selama ini dan akan terus kita tingkatkan,” terang Rektor UST, Prof. Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D. Jumat (5/6/2020).

4ICU adalah suatu search engine dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Merujuk laman 4ICU, ada 3 kriteria utama sebuah perguruan tinggi dapat diikutsertakan dalam penilaian 4ICU. Yakni, terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau regional, menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana serta melakukan kegiatan pembelajaran secara umum dengan bertatap muka, program dan kursus.

Pemeringkatan dilakukan menggunakan uniRank (University Ranking) yang sudah terdaftar sebagai Global University Ranking oleh IREG Observatory on Academic Ranking and Excellence. Sistem algoritma yang digunakan berdasarkan pada 5 website netral dan independen yang diekstraksi, yakni Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majestic Trust Flow.

Menurut Prof. Pardimin, keberadaan situs/website di UST sangat penting, karena menjadi sarana berinteraksi dengan masyarakat, sekaligus memberikan informasi terkait program dan kegiatan Catur Dharma UST. Semakin banyak situs-situs di UST diakses dan disitasi, hal itu menandakan kontribusi besar UST terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. “Situs/website yang dimiliki oleh UST akan terus kita kembangkan dan tingkatkan kualitasnya,” pungkasnya.

 

 

Sumber